Saturday, March 26, 2016

Menggunakan VLookup dan HLookup di Microsoft Excel

Tempat yang tepat untuk belajar Ilmu Komputer - Menggunakan VLookup dan HLookup di Microsoft ExcelHallo pemirsa! Pada hari yang baru dan semangat baru ini, saya akan membagikan artikel tentang Menggunakan VLookup dan HLookup di Microsoft Excel, artikel ini sangat berguna dan bermanfaat bagi anda para pengguna Microsoft Excel. Sebelum saya membahas artikel tersebut, mari kita simak perbedaan dan fungsi dari Vlookup dan Hlookup dalam Microsoft Excel. Langsung saja kita lihat dengan seksama jawaban dan penjelasannya di bawah ini.


Perbedaan VLookup dan HLookup dalam Microsoft Excel


VLookup (Vertical Lookup) adalah fungsi dalam microsoft excel yang digunakan untuk mencari dan mengambil data secara vertikal, sedangkan HLookup (Horizontal Lookup) adalah fungsi dalam microsoft excel yang digunakan untuk mencari dan mengambil data secara horizontal.

Fungsi dari VLookup dan HLookup dalam Microsoft Excel


Fungsi dari VLookup dan HLookup ini sama, yaitu fungsi dalam microsoft excel yang digunakan untuk mencari dan mengambil data dari suatu tabel referensi berdasarkan nilai-nilai tertentu.

Menggunakan VLookup dan HLookup di Microsoft Excel


Sintaks pada VLookup adalah :
=VLOOKUP(lookup_value, table_array, col_index_num, [range_lookup])
Sintaks pada HLookup adalah :
=HLOOKUP(lookup_value, table_array, col_index_num, [range_lookup])
Contoh penerapan dari kedua rumus microsoft excel tersebut akan saya buat dalam bentuk Contoh Soal yang mengenai Daftar Gaji Pegawai, dibawah ini :


Dengan ketentuan soal sebagai berikut :
1. Status
Untuk Status, Jika mempunyai anak, maka statusnya menikah, dan jika tidak maka statusnya single.

2. Gapok
Untuk Gapok, menggunakan Fungsi VLookup untuk mengisi kolom gapok berdasarkan tabel pada sel C15.

3. Tunjangan
Untuk Tunjangan, diambil dari ketentuan sebagai berikut :

  • Jika jumlah anak 1-2 maka tunjangannya 300000
  • Jika jumlah anak 3 atau lebih maka tunjangannya 400000
  • Jika tidak mempunyai anak maka tunjangannya 0
4. Bantuan Transport
Untuk Bantuan Transport, menggunakan Fungsi HLookup untuk mengisi kolom bantuan transport berdasarkan tabel pada sel H15.

5. Total Income
Untuk Total Income, diperoleh dari jumlah seluruh pendapatan.
Baca Terlebih dahulu : Memahami perintah dasar dalam Formula IF di Microsoft Excel dengan Mudah
Mari kita bersama membahas soal yang saya buat tersebut, di bawah ini :

1. Status
Kita lihat bahwa untuk Status terlihat jelas bahwa kita harus menggunakan Fungsi IF Tunggal, maka kita bisa membuat rumusnya, seperti ini :
=IF(D7>0,"Menikah","Single") lalu tekan enter.
Baca Selengkapnya Mengenai : Menggunakan perintah IF Tunggal dalam Microsoft Excel 
2. Gapok
Karena berdasarkan ketentuan soal mengenai Gapok tersebut adalah menggunakan VLookup, mari kita lihat penjelasan menggunakan VLookup di bawah ini :
=VLOOKUP(C7,$C$16:$D$19,2,FALSE) lalu tekan enter.
Pada ketentuan soal dan rumus diatas, kita mencari Gapok berdasarkan pendidikan, di rumus yang saya jawab tersebut kita mengetahui sel C7 adalah sebagai Lookup_value atau data yang ingin kita cari, data ini berdasarkan kolom pertama dari kiri pada tabel referensinya atau Table_array adalah sel C16 sampai D19 (Berdasarkan rumus yang saya buat diatas terlihat C16 adalah $C$16 dan D19 adalah $D$19, hal ini dimaksudkan agar sel tersebut absolut atau tidak berubah jika kita mengcopy rumus tersebut kebawah).

Pada Range_lookup-nya di masukkan pilihan FALSE agar menampilkan nilai yang sama persis, agar tidak ada kesalahan dalam mengisi data tersebut.

3. Tunjangan
Untuk Tunjangan, sudah terlihat bahwa kita harus menggunakan fungsi IF Majemuk/Ganda, jadi bisa kita buat rumusnya seperti dibawah ini :
=IF(AND(D7=>1,D7<=2),200000,IF(D7>=3,400000,0)) lalu tekan enter.
Baca Penjelasannya dalam : Menggunakan IF Majemuk dalam Microsoft Excel 
4. Bantuan Transport
Karena berdasarkan ketentuan soal mengenai Bantuan Transport tersebut adalah menggunakan HLookup, mari kita lihat penjelasan menggunakan HLookup di bawah ini :
=HLOOKUP(C7,$I$15:$L$16,2,FALSE) lalu tekan enter
Untuk penjelasannya hampir sama dengan VLookup hanya saja tabelnya berbentuk horizontal.

5. Total Income
Untuk Total Income, menjumlahkan seluruh pendapatan, berarti kita menggunakan fungsi SUM, maka bisa kita buat rumusnya sebagai berikut :
=SUM(F7:H7) lalu tekan enter.
Baca juga : Rumus dasar Microsoft Excel beserta contoh soalnya
Maka hasil dari yang kita kerjakan akan seperti dibawah ini :


Sekian artikel yang saya bagikan kepada anda tentang Menggunakan VLookup dan HLookup di Microsoft Excel. Jika masih kurang jelas atau ada pertanyaan, silahkan berkomentar dengan kata - kata yang sopan di kolom komentar yang sudah disediakan. Jika artikel ini bermanfaat bagi anda silahkan share/bagikan kepada teman anda yang kekurangan gizi artikel yang bermanfaat :). Jika anda ingin mengetahui artikel terbaru dari blog ini silahkan anda follow saya melalui Google+, Karena nilai (+) selalu bermanfaat kepada orang yang mendapat nilai (-) hehehe.
Load disqus comments

0 comments