Friday, March 11, 2016

Memahami perintah dasar dalam Formula IF di Microsoft Excel dengan Mudah

Tempat yang tepat untuk belajar Ilmu Komputer - Memahami perintah dasar dalam Formula IF Microsoft Excel dengan Mudah. Hello pemirsa, apa kabar? pasti baik bukan? kali ini saya akan membagikan artikel yang berisikan tentang cara cepat Memahami perintah dasar dalam Formula IF Microsoft Excel dengan Mudah. Sebelumnya saya telah membagikan artikel tentang Rumus dasar Microsoft Excel beserta contoh soalnya. Mungkin sebagian Anda pernah mempelajari Perintah IF di Microsoft Excel mulai dari SMA, tapi disini anda dapat mempelajari perintah IF kapan saja karena zaman yang semakin canggih dan banyaknya pengguna internet. Jadi sebelum saya membagikan artikel tentang penggunaan formula IF di Microsoft Excel, ada baiknya kita memahami dulu perintah dasar dalam Formula IF di Microsoft Excel. Mengapa? karena fungsi IF ini sangat menguras logika berpikir anda, sehingga jika memahami dasar-dasarnya dulu bisa diharapkan agar pemirsa menjadi lebih mudah dalam menggunakan fungsi IF ini.

Perintah Dasar dalam Formula IF di Microsoft Excel


1. Operator Logika


Fungsi Operator Logika ini adalah untuk menentukan ekspresi logika dan sebagai syarat untuk melakukan pilihan dalam penulisan rumus. Nah, macam-macam Operator Logika yaitu :

>         : Lebih Besar
<         : Lebih Kecil
>=       : Lebih Besar atau sama dengan
<=       : Lebih Kecil atau sama dengan
=         : Sama dengan
< >      : Tidak sama dengan

2. Ekspresi Logika


Ekspresi Logika ini adalah suatu pernyataan logika yang menghasilkan nilai TRUE (Benar) atau FALSE (Salah)

Misalkan : =7+3<9   hasilnya FALSE
Mengapa hasilnya FALSE? tentu kita mengetahui 7+3 adalah 10, harusnya nilai 10 lebih besar dari 9, sehingga Microsoft Excel memberikan hasil FALSE dalam pernyataan logika tersebut.

3. Gerbang Logika


a.) AND


Sintaks pada AND adalah :
=AND(ekspresi logika 1,ekspresi logika 2,ekspresi logika 3,…) maksimum 30 ekspresi logika.
Contoh : =AND(A1<15.B1>10)
Nah dari contoh tersebut bisa kita artikan bahwa apabila nilai pada sel A1 lebih kecil dari 15 dan sel B1 lebih besar dari 10, maka hasilnya TRUE.

b.) OR


sintaks pada OR adalah :
=OR(ekspresi logika 1, ekspresi logika 2, ekspresi logika 3,…..) maksimum 30 ekspresi logika.
Contoh : =OR(A1<15,B1>10)
Dalam contoh tersebut bisa kita artikan bahwa apabila pada nilai sel A1 lebih kecil dari 15 atau sel B1 lebih besar dari 10, maka hasilnya TRUE.

c.) NOT


sintaks pada NOT adalah :
=NOT(logika)
Contoh : =NOT(A1<15)
Dalam contoh tersebut bisa kita artikan bahwa apabila nilai pada sel A1 lebih kecil dari 15 maka hasilnya FALSE, dan apabila nilai pada sel A1 lebih besar dari 15 maka hasilnya TRUE.

Baca Juga : Rumus dasar Microsoft Excel beserta contoh soalnya

4. Fungsi IF


dalam Fungsi IF, terdapat 2 jenis IF, yaitu :

1.) IF Tunggal


sintaks pada IF Tunggal adalah :
=IF(ekspresi logika,nilai benar,nilai salah)
contoh : =IF(A1>=78,"LULUS","TIDAK LULUS")
Dalam contoh tersebut bisa kita artikan bahwa jika nilai pada sel A1 lebih besar atau sama dengan 78 maka hasilnya LULUS jika tidak maka hasilnya TIDAK LULUS.

Baca Juga : Cara mudah Menggunakan perintah IF Tunggal dalam Microsoft Excel

2. IF Ganda


Sintaks pada IF Ganda adalah :
=IF(ekspresi logika,nilai benar,IF(ekpresi logika,nilai benar,IF(…….)) maksimum 8 IF.
contoh : =IF(A1>=80,"Baik",IF(A1>=78,"Cukup","Kurang"))
Dalam contoh tersebut bisa kita artikan bahwa jika nilai pada sel A1 lebih besar atau sama dengan 80 maka hasilnya Baik, jika nilai pada sel A1 lebih besar atau sama dengan 78 maka hasilnya Cukup, Jika tidak memenuhi kedua persamaan tersebut maka hasilnya Kurang.
Baca Juga : Cara mudah Menggunakan IF Majemuk/Tunggal dalam Microsoft Excel

Sekian artikel yang saya bagikan kepada anda tentang Memahami perintah dasar dalam Formula IF Microsoft Excel dengan Mudah. Jika masih kurang jelas atau ada pertanyaan, silahkan berkomentar dengan kata - kata yang sopan di kolom komentar yang sudah disediakan. Jika artikel ini bermanfaat bagi anda silahkan share/bagikan kepada teman anda yang kekurangan gizi artikel yang bermanfaat :). Jika anda ingin mengetahui artikel terbaru dari blog ini silahkan anda follow saya melalui Google+, Karena nilai (+) selalu bermanfaat kepada orang yang mendapat nilai (-) hehehe.
Load disqus comments

0 comments