Sunday, November 1, 2015

Cara membuat Login Script di Microsoft PowerPoint dengan menggunakan VBA

Tempat yang tepat untuk belajar Ilmu Komputer - Cara membuat Login Script di Microsoft PowerPoint dengan menggunakan VBA. Hello pemirsa, apa kabar? pasti baik bukan? kali ini saya akan membagikan artikel yang berisikan tentang bagaimana Cara membuat Login Script di Microsoft PowerPoint dengan menggunakan VBA. Pasti udah pernah pakai kan Microsoft PowerPoint? Maka dari itu, pertama saya akan menjelaskan apa itu Microsoft PowerPoint? lalu apa itu Virtual Basic Applications atau disingkat dengan VBA? dan tujuan membuat Login Script di Microsoft PowerPoint?.Untuk menjawab pertanyaan tersebut mari simak di bawah ini.


Apa itu Microsoft PowerPoint?


Microsoft PowerPoint atau Microsoft Office PowerPoint atau PowerPoint adalah sebuah program komputer untuk presentasi yang dikembangkan oleh Microsoft di dalam paket aplikasi kantoran mereka, Microsoft Office, selain Microsoft Word, Excel, Access dan beberapa program lainnya.

Tentang Microsoft PowerPoint


PowerPoint berjalan di atas komputer PC berbasis sistem operasi Microsoft Windows dan juga Apple Macintosh yang menggunakan sistem operasi Apple Mac OS, meskipun pada awalnya aplikasi ini berjalan di atas sistem operasi Xenix. Aplikasi ini sangat banyak digunakan, apalagi oleh kalangan perkantoran dan pebisnis, para pendidik, siswa, dan trainer. Dimulai pada versi Microsoft Office System 2003, Microsoft mengganti nama dari sebelumnya Microsoft PowerPoint saja menjadi Microsoft Office PowerPoint. Lalu, pada Office 2013, namanya cukup disingkat PowerPoint. Versi terbaru dari PowerPoint adalah versi 15 (Microsoft Office PowerPoint 2013), yang tergabung ke dalam paket Microsoft Office 2013.

Apa itu Microsoft Virtual Basic for Applications (VBA)?


Microsoft Visual Basic for Applications (VBA) adalah sebuah turunan bahasa pemrograman Visual Basic yang dikembangkan oleh Microsoft dan dirilis pada tahun 1993, atau kombinasi yang terintegrasi antara lingkungan pemrograman (Visual Basic Editor) dengan bahasa pemrograman (Visual Basic) yang memudahkan user untuk mendesain dan membangun program Visual Basic dalam aplikasi utama Microsoft Office, yang ditujukan untuk aplikasi-aplikasi tertentu.

Tentang Microsoft Visual Basic for Applications (VBA)


VBA didesain untuk melakukan beberapa tugas, seperti halnya mengkustomisasi sebuah aplikasi layaknya Microsoft Office atau Microsoft Visual Studio. Kegunaan VBA adalah mengotomatisasi pekerjaan. Pekerjaan yang dimaksud adalah pekerjaan yang dilakukan secara berulang-ulang dan pekerjaan yang kompleks. VBA berbeda dengan Microsoft Visual Basic, Microsoft Visual Basic memberi banyak pemrograman dan fungsi tingkat lanjut hingga Microsoft Visual Basic dapat dihasilkan program yang lebih kompleks untuk sistem operasi Microsoft Windows maupun Office. Sedangkan VBA hanya dapat dibangun pada aplikasi utama Microsoft Office mengendalikan fungsi aplikasi tersebut melakukan serangkaian objek terprogram. Versi VBA terbaru saat ini adalah versi 6.3 yang dirilis pada tahun 2001, yang mendukung semua program dalam Microsoft Office, yakni Microsoft Excel, Microsoft Access, Microsoft Word, Microsoft Outlook, Microsoft FrontPage, serta Microsoft PowerPoint dan juga Microsoft Visual Studio.

Tujuan kita membuat Login Script di Microsoft PowerPoint adalah :


1. Agar presentasi kita terlihat menarik

2. Tentu agar presentasi anda aman karena adanya login script ini

3. Kita akan menjadi lebih kreatif dalam membuat presentasi di PowerPoint

Berikut adalah Cara membuat Login Script di Microsoft PowerPoint dengan menggunakan VBA :


1. Buka Microsoft PowerPoint anda (di tutorial ini saya menggunakan Microsoft Power Point 2010, jika anda mempunyai versi yang berbeda tidak apa yang penting Microsoft PowerPoint)

2. Klik menu file di sebelah kiri atas. Lalu klik option dan pilih Customize Ribbon lalu centang
Developer, Maka setelah dicentang maka kira-kira tampilannya seperti dibawah ini :

Microsoft PowerPoint

3. Setelah itu klik OK. Lalu klik tab pada Developer, Lalu buatlah masing-masing satu kotak untuk username dan password dengan menggunakan Text Box (Text Box tersebut yang saya tandai/lingkari dengan warna hijau) dan buatlah masing-masing satu tombol untuk membuat login dan reset dengan menggunakan Command Button (Command Button tersebut yang saya tandai/lingkari dengan warna merah) . Kalau masih kurang jelas lihat gambar di bawah ini :

Microsoft PowerPoint

4. Lalu Klik kanan pada CommandButton2 dan klik Properties, Lalu ketika Menu propertiesnya muncul, ganti kata yang terdapat di Caption menjadi Login. Lalukanlah hal yang sama pada CommandButton1 tapi ganti kata yang terdapat di Caption menjadi reset. Kalau masih pusing dengan kalimat saya, bisa di cek gambar di bawah ini:

Microsoft PowerPoint

5. Setelah tahap tersebut selesai, Klik dua kali(double click) pada tombol Login, Lalu akan muncul Microsoft Visual Basic for Applications (VBA).

6. Lalu isi scirpt dengan script dibawah ini di antara Private Sub CommandButton2_Click() dan End Sub :

If TextBox1.Text = "adamhubert" And TextBox2.Text = "pleonora.blogspot.com" Then
SlideShowWindows(Index:=1).View.Next
Else
    MsgBox "Incorrect Username or Password", 16, "Alert"
End If
TextBox1.Text = ""
TextBox2.Text = ""

               Catatan : Warna merah adalah username dan warna hijau adalah password

7. Lalu buka lagi PowerPointnya, dan klik dua kali (double-click) pada tombol Reset. Lalu akan muncul lagi Microsoft Visual Basic for Applications (VBA). Lalu isi scirpt dengan script dibawah ini di antara Private SubCommandButton1_Click () dan End Sub.

TextBox1.Text = ""
TextBox2.Text = ""

Lalu untuk membuat semua tulisan di password box menjadi bintang adalah dengan cara, Klik kanan pada salah satu TextBox yang kamu ingin buat password dan klik Properties. Ganti kata yang terdapat di Password Char menjadi tanda bintang (*).

Sekian artikel yang saya bagikan kepada anda tentang Cara membuat Login Script di Microsoft PowerPoint dengan menggunakan VBA. Jika masih kurang jelas atau ada pertanyaan, silahkan berkomentar dengan kata - kata yang sopan di kolom komentar yang sudah disediakan. Jika artikel ini bermanfaat bagi anda silahkan share/bagikan kepada teman anda yang kekurangan gizi artikel yang bermanfaat :). Jika anda ingin mengetahui artikel terbaru dari blog ini silahkan anda follow saya melalui Google+, Karena nilai (+) selalu bermanfaat kepada orang yang mendapat nilai (-) hehehe. Terma Kasih.
Load disqus comments

0 comments