Saturday, April 2, 2016

Macam-macam Jenis Fungsi dan Formula dalam Microsoft Excel

Tempat yang tepat untuk belajar Ilmu Komputer - Macam-macam Jenis Fungsi dan Formula dalam Microsoft Excel. Hallo pemirsa! Pada hari yang baru dan cerah ini, pastinya anda mempunyai semangat yang baru. Dan pada hari ini saya akan membagikan sebuah artikel yang sangat bermanfaat bagi anda para pengguna Microsoft Excel, yaitu Macam-macam jenis fungsi dan formula dalam microsoft excel dengan lengkap. Workbook Microsoft Excel memberi Anda tempat yang nyaman untuk menyimpan dan mengolah data. Namun Anda bisa berbuat lebih banyak dengan data dalam Excel. Dengan menggunakan fungsi atau formula tertentu, Anda bisa mengolah data sehingga menghasilkan output sesuai dengan yang Anda inginkan. Dalam Excel perintah-perintah yang digunakan untuk mengolah data, disimpan dalam sebuah fungsi yang dikelompokkan dalam berbagai macam kategori.


Berikut adalah macam-macam jenis Fungsi dan Formula dalam Microsoft Excel


1. Fungsi statistik


Fungsi statistik adalah fungsi yang digunakan untuk mengolah data yang berupa numerik atau angka hanya saja operasi ini dilakukan dengan statistik.

Macam-macam jenis dari fungsi statistik adalah sebagai berikut :
  • MIN digunakan untuk menampilkan nilai numerik yang terkecil atau minimum, nilai numerik dapat diisi langsung dengan angka numerik atau range data alamat cell yang berisi angka numerik. Sintaks dari MIN adalah :
=MIN(Range nilai numerik)

  • MAX adalah perintah yang digunakan untuk menampilkan numerik terbesar atau maximum dari sekumpulan data yang terdapat di Microsoft Excel. Sintaks dari MAX adalah :
=MAX(Range nilai numerik)

  • AVERAGE digunakan untuk menampilkan rata-rata dari sekumpulan data yang terdapat di Microsoft Excel. Sintaks dari AVERAGE adalah : 
=AVERAGE(Range nilai numerik)

  • COUNT digunakan untuk menghitung jumlah sel (cell) dalam suatu range atau group data yang ada nilainya. Sintaks dari COUNT adalah :
=COUNT(Range nilai numerik)

2. Fungsi Aritmatika


Fungsi Aritmatika merupakan fungsi yang berisi perintah-perintah untuk mengolah data yang berupa numerik atau angka. Dengan demikian, jika Anda menggunakan fungsi aritmatika untuk mengolah data selain angka maka hasilnya tidak akan seperti yang diharapkan.

Macam-macam jenis dari Fungsi Aritmatika adalah sebagai berikut :
  • SUM digunakan untuk menampilkan hasil penjumlahan nilai numerik. Nilai numerik bisa diisi langsung dengan angka, atau bisa juga diisi dengan range data alamat sel yang berisi nilai numerik. Sintaks dari SUM adalah :
=SUM(Nilai numerik)

  • MOD digunakan untuk menampilkan sisa hasil bagi dari nilai numerik dalam Microsoft Excel. Sintaks dari MOD adalah :
=MOD(Nilai numerik)

  • ROUND digunakan untuk membulatkan angka desimal sesuai dengan jumlah digit desimal yang Anda inginkan untuk mengolah suatu data. Sintaks dari ROUND adalah :
=ROUND(Nilai desimal,Jumlah digit desimal yang ingin dibulatkan)

3. Fungsi Logika


Fungsi Logika merupakan sekumpulan fungsi yang berisi perintah-perintah untuk mengoperasikan data secara logika. Data yang akan diolah dengan fungsi logika ini tidak terbatas pada numerik, text ataupun date/time.

Macam-macam jenis dari Fungsi Logika adalah sebagai berikut :

1.) Fungsi IF

Fungsi IF dalam Microsoft Excel memiliki dua jenis Fungsi yaitu :
Baca Selengkapnya Mengenai : Memahami perintah dasar dalam Formula IF di Microsoft Excel dengan Mudah

  • Fungsi IF Tunggal
Sintaks pada Fungsi IF Tunggal adalah :
=IF(Ekspresi logika,Nilai benar,Nilai salah)
Contoh : =IF(A1>=78,"LULUS","TIDAK LULUS")
Dalam contoh tersebut bisa kita artikan bahwa jika nilai pada sel A1 lebih besar atau sama dengan 78 maka hasilnya LULUS jika tidak maka hasilnya TIDAK LULUS.
Baca Selengkapnya Mengenai : Menggunakan perintah IF Tunggal dalam Microsoft Excel

  • Fungsi IF Ganda atau Majemuk
Adakalanya permasalahan tidak hanya cukup diselesaikan dengan satu fungsi saja tetapi harus diselesaikan dengan beberapa fungsi IF.
Sintaks pada Fungsi IF Ganda atau Majemuk adalah :
=IF(ekspresi logika,nilai benar,IF(ekpresi logika,nilai benar,IF(…….)) maksimum 8 IF.
Contoh : =IF(A1>=80,"Baik",IF(A1>=78,"Cukup","Kurang"))
Dalam contoh tersebut bisa kita artikan bahwa jika nilai pada sel A1 lebih besar atau sama dengan 80 maka hasilnya Baik, jika nilai pada sel A1 lebih besar atau sama dengan 78 maka hasilnya Cukup, Jika tidak memenuhi kedua persamaan tersebut maka hasilnya Kurang.
Baca Selengkapnya Mengenai : Menggunakan IF Majemuk dalam Microsoft Excel

2.) Fungsi AND

Fungsi AND digunakan untuk menguji kebenaran persyaratan semua isi sel (cell) pada lembar kerja. Bernilai TRUE jika semua syarat terpenuhi dan bernilai FALSE jika salah satu syarat tak terpenuhi.
Sintaks pada Fungsi AND adalah sebagai berikut :
=AND(syarat1,syarat2,syarat3.....syarat-N)

3.) Fungsi OR

Fungsi OR dalam Microsoft Excel merupaka kebalikan dari Fungsi AND yaitu digunakan untuk menguji kebenaran persyaratan salah satu isi sel (cell) pada lembar kerja. Bernilai TRUE jika salah satu syarat terpenuhi dan bernilai FALSE jika semua syarat tak terpenuhi.
Sintaks pada Fungsi OR adalah sebagai berikut :
=OR(syarat1,syarat2,syarat3.....syarat-N)

4. Fungsi pembacaan tabel atau pencarian tabel


Microsoft Excel menyajikan tabel secara vertikal dan horizontal. Dalam fungsi pembacaan tabel pada program Microsoft Excel juga secara horizontal (HLOOKUP) dan secara vertikal (VLOOKUP).

1.) Untuk mencari data (pembacaan data) dari suatu topik, data harus diurutkan (sort). Cara untuk mengurutkan suatu data, yaitu :
  • Sorot atau drag seluruh range yang akan diurutkan
  • Klik kanan pada range yang telah di sorot atau drag
  • Lalu pilih sort
  • Klik tombol [A-Z] untuk mengurutkan data secara Ascending
  • Klik tombol [Z-A] untuk mengurutkan data secara Descending
Ascending adalah pengurutan data dari yang terkecil hingga terbesar atau pengurutan data dari huruf awal sampai huruf terakhir.

Descending adalah pengurutan data dari yang terbesar hingga terkecil atau pengurutan data dari huruf terakhir hingga huruf awal.

2.) Fungsi VLOOKUP dan HLOOKUP

Perintah ini seringkali dikenal dengan fungsi pembacaan tabel. Untuk menggunakan perintah ini harus ada dua tabel atau lebih. Salah satu tabel berfungsi sebagai tabel pembaca dan tabel lainnya sebagai tabel yang dibaca (tabel sumber/data source). Antara tabel pembaca dan tabel sumber harus memiliki data yang sama sebagai kunci pembacaan.
Baca Selengkapnya Mengenai : Menggunakan VLookup dan HLookup di Microsoft Excel

5. Fungsi Text


Fungsi Text merupakan kumpulan fungsi yang berisi perintah-perintah yang digunakan untuk mengolah data yang berupa text atau string.

Macam-macam jenis dari Fungsi Text adalah sebagai berikut :


  • LEFT digunakan untuk menampilkan sejumlah karakter dari posisi yang paling kiri. Sintaks pada LEFT adalah sebagai berikut :
=LEFT(Nilai string,Jumlah huruf dari kiri)

  • RIGHT digunakan untuk menampilkan sejumkah karakter dari posisi yang paling kanan. Sintaks pada RIGHT adalah sebagai berikut : 
=RIGHT(Nilai string,Jumlah huruf dari kanan)

  • MID digunakan untuk menampilkan sejumlah karakter dari posisi tengah. Sintaks pada MID adalah sebagai berikut :
=MID(Alamat sel,Posisi huruf dari kiri,jumlah huruf yang ingin ditampilkan dari posisi tersebut)

  • LEN digunakan untuk menampilkan jumlah huruf atau karakter dari suatu nilai string. Sintaks pada LEN adalah sebagai berikut :
=LEN(Nilai string) 
Baca Juga Mengenai : Rumus dasar Microsoft Excel beserta contoh soalnya

Sekian artikel yang saya bagikan kepada anda tentang Macam-macam Jenis Fungsi dan Formula dalam Microsoft Excel. Jika masih kurang jelas atau ada pertanyaan, silahkan berkomentar dengan kata - kata yang sopan di kolom komentar yang sudah disediakan. Jika artikel ini bermanfaat bagi anda silahkan share/bagikan kepada teman anda yang kekurangan gizi artikel yang bermanfaat :). Jika anda ingin mengetahui artikel terbaru dari blog ini silahkan anda follow saya melalui Google+, Karena nilai (+) selalu bermanfaat kepada orang yang mendapat nilai (-) hehehe.
Load disqus comments

0 comments