Monday, February 8, 2016

Cara mudah agar blog kita terindeks google secara otomatis

Tempat yang tepat untuk belajar Ilmu Komputer - Cara mudah agar blog kita terindeks google secara otomatis. Hello pemirsa, apa kabar? pasti baik bukan? kali ini saya akan membagikan artikel yang berisikan tentang bagaimana Cara mudah agar blog kita terindeks google secara otomatis. Pastinya ada sebagian para blogger yang belum mengetahui tentang indeks-indeksan, malah ada yang mengira indeks saham (hehehe) bener gak sih indeks google itu indeks saham? rupanya bukan
indeks google itu adalah data dari setiap blog yang terbaca oleh google, sehingga jika kita mencari di mesin pencarian google dapat terlihat setiap blog yang terbaca ole google. Tujuan agar blog kita terindeks google secara otomatis adalah agar google dapat mengetahui keberadaan blog kita dan kenapa harus Google? Karena Google merupakan search engine yang paling banyak penggunanya, jadi tips ini juga dapat meningkatkan traffic ke blog anda. Di tutorial ini saya akan menggunakan Google Webmaster.

Apa yang dimaksud dari Google Webmaster?


Google Webmaster adalah salah satu Tools atau fitur yang diberikan oleh google dalam memudahkan para pemilik web / blog untuk mengamati top search keyword,domination keywords di blog,Indeks Blog serta masalah - masalah lainnya seperti broken link, dan crawl errors.

Tujuan dan manfaat menggunakan Google Webmaster :


1. Mengetahui bagaimana web atau blog Anda di mata google

2. Analisis data pencarian terhadap web/blog Anda

3. Mendapatkan peringatan langsung ke email (terutama anda yang merupakan pengguna Gmail)

4. Mengetahui web lain yang terhubung ke web/blog Anda

5. Membantu google dalam menjelajah web/blog Anda

Untuk membuat blog anda terindeks cepat oleh google secara otomatis anda membutuhkan Google Web Master Tools, untuk daftar ke Google Web Master Tools anda membutuhkan sebuah akun Gmail, tentu karena ini layanan gratis dari Google, tentunya kita harus mempunyai Gmail (Jika kamu belum mempunyai akun gmail, silahkan visit ke website resmi gmail untuk mendapatkan akun gmail)

Dibawah ini merupakan cara mudah agar blog kita terindeks google secara otomatis :


1. Pertama, Buka website resmi Google Webmasters 

2. Pada langkah kedua, Klik SIGN IN (Masuk dengan menggunakan akun Gmail anda, Jika anda masih belum mempunya akun gmail, segeralah daftar ke website resmi Gmail secepatnya karena anda sudah ketinggalan jaman banget (becanda))

3. Lalu pilih blog yang anda inginkan atau jika disana tidak ada blog anda, anda bisa mengklik add blog, trus isikan blog yang anda inginkan.

4. Setelah anda selesai memilih blog yang anda ingin terindeks google, Klik atau pilih crawl

5. lalu, Klik Sitemaps

6. Setelah anda mengklik Sitemaps, silahkan anda klik yang ada tulisan ADD/TEST SITEMAP




7. Isikan satu per satu di bawah ini ke sitemap tersebut :
atom.xml?
atom.xml?redirect=false
feeds/posts/default?orderby=updated
atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500
8. Lalu, Klik Submit (ingat satu per satu)


9. Setiap sitemap yang anda submit, akan muncul notifikasi seperti dibawah ini, lalu refresh page tersebut :


10. Setelah anda selesai mensubmit setiap sitemap tersebut, maka akan terlihat seperti dibawah ini :


Pada kotak yang warna biru adalah jumlah link yang anda submit untuk terindeks oleh google, sedangkan warna merah adalah jumlah link yang sudah atau telah terindeks ole google.

Sekian artikel yang saya bagikan kepada anda tentang Cara mudah agar blog kita terindeks google secara otomatisJika masih kurang jelas atau ada pertanyaan, silahkan berkomentar dengan kata - kata yang sopan di kolom komentar yang sudah disediakan. Jika artikel ini bermanfaat bagi anda silahkan share/bagikan kepada teman anda yang kekurangan gizi artikel yang bermanfaat :). Jika anda ingin mengetahui artikel terbaru dari blog ini silahkan anda follow saya melalui Google+, Karena nilai (+) selalu bermanfaat kepada orang yang mendapat nilai (-) hehehe.

Load disqus comments

0 comments