Saturday, February 6, 2016

Cara mudah mendaftarkan blog ke Google Analytics

Tempat yang tepat untuk belajar Ilmu Komputer - Cara mudah mendaftarkan blog ke Google Analytics. Hello pemirsa, apa kabar? pasti baik bukan? kali ini saya akan membagikan artikel yang berisikan tentang bagaimana Cara mudah mendaftarkan blog ke Google Analytics. Di tutorial ini blog saya menggunakan Blogger.com. Banyak para blogger yang belum mengetahui seberapa penting sih pengaruh blog kita jika kita daftarkan ke Google Analytics, maka dari itu sebelum saya membagikan cara mudah mendaftarkan blog anda ke Google Analytics. Ada baiknya anda mengetahui apa itu Google Analytics? apa keuntungan mendaftarkan blog kita ke Google Analytics? dan apa tujuan mendaftarkan blog kita ke Google Analytics? Mari kita simak dan mengetahui jawaban yang sangat detailnya di bawah ini.


Apa yang dimaksud dengan Google Analytics?


Google Analytics adalah layanan gratis dari Google yang menampilkan statistik pengunjung sebuah situs web.

Tentang Google Analytics


Google Analytics dapat menelusuri pengunjung berdasarkan informasi halaman pengacu, termasuk mesin pencari, iklan, jaringan pay-per-click, email marketing, dan juga tautan yang terkandung dalam dokumen PDF. Jika diintegrasikan dengan AdWords, Google Analytics juga bermanfaat untuk menganalisis efektfitas iklan AdWords yang dipasang di Google. Dengan Google Analytics, pengguna dapat mengetahui iklan dan kata kunci apa yang paling banyak merujuk ke situs web pengguna. Aplikasi Google Analytics dapat di akses melalui alamatgoogle.com/analytics/. Google Analytics juga digunakan untuk mengetahui kepadatan trafik dari website/blog. Dengan menggunakan Google Analytics seseorang dapat membuat report tentang trafik website/blog dalam jangka waktu harian, mingguan, atau bulanan. Untuk mendaftar pada Google Analytics, seseorang hanya perlu memiliki akun Google.

Tujuan dan keuntungan kita menggunakan Google Analytics adalah :


  • Untuk memberikan laporan yang sangat detail tentang pengunjung blog anda
  • Untuk mengetahui artikel anda yang paling banyak dikunjungi oleh pengunjung
  • Anda dapat mengetahui jumlah pengunjung mulai dari Harian, Mingguan, dan Bulanan

Untuk mendaftarkan blog anda ke Google Analytics membutuhkan sebuah akun Gmail, tentu karena ini layanan gratis dari Google, tentunya kita harus mempunyai Gmail (Jika kamu belum mempunyai akun gmail, silahkan visit ke website resmi gmail untuk mendapatkan akun gmail)

Cara mudah mendaftarkan blog anda ke Google Analytics silahkan lihat caranya di bawah ini :


1. Pertama, buka website resmi Google Analytics

2. Setelah itu klik SIGN IN

3. dan klik Google Analytics

4. klik SIGN UP

5. Login dengan Akun Gmail anda, setelah itu isi data yang disediakan oleh Google Analytics sesuai identitas anda, maka akan terlihat seperti dibawah ini bentuk formulir yang disediakan oleh Google Analytics

6. Lalu setelah anda mengisi semua data yang disediakan oleh Google Analytics dan mencentangkan semua persetujuan dari Google Analytics, Silahkan anda klik Get Tracking ID

7. Setelah itu, akan muncul notifikasi Google Analytics Terms of Service Agreement, Bacalah terlebih dahulu tentang TOS tersebut, setelah anda membacanya klik Accept, jika anda menyetujui TOS tersebut.


8. Selamat! Anda telah berhasil mendaftarkan gmail anda ke Google Analytics, namun anda hanya berhasil mendaftarkan akun gmail anda ke Google Analytics. Nah, bagaimana caranya untuk menghubungkan akun Google Analytics kita ke Blog kita tersebut. Mari kita simak lagi setiap langkah - langkahnya di bawah ini.

9. Setelah anda mendaftarkan akun Google Analytics, silahkan anda Copy Website tracking code



10. Setelah itu, Buka blog layout anda, dan klik Add a Gadget

11. Lalu, klik HTML/JavaScript 

12. Setelah itu, paste code yang tadi anda sudah copy ke Gadget ini, lalu klik save (seperti yang saya tandai dengan warna merah pada gambar di bawah ini)



13. Selamat! sekarang Google Analytics 100% work untuk blog anda

Sekian artikel yang saya bagikan kepada anda tentang Cara mudah mendaftarkan blog ke Google Analytics. Jika masih kurang jelas atau ada pertanyaan, silahkan berkomentar dengan kata - kata yang sopan di kolom komentar yang sudah disediakan. Jika artikel ini bermanfaat bagi anda silahkan share/bagikan kepada teman anda yang kekurangan gizi artikel yang bermanfaat :). Jika anda ingin mengetahui artikel terbaru dari blog ini silahkan anda follow saya melalui Google+, Karena nilai (+) selalu bermanfaat kepada orang yang mendapat nilai (-) hehehe.



Load disqus comments

0 comments