Saturday, April 2, 2016

Cara memperbaiki kesalahan dalam perhitungan Microsoft Excel

Tempat yang tepat untuk belajar Ilmu Komputer - Cara memperbaiki kesalahan dalam perhitungan Microsoft Excel. Hallo pemirsa! Pada hari yang baru dan cerah ini, pastinya anda mempunyai semangat yang baru. Dan pada hari ini saya akan membagikan sebuah artikel yang sangat penting dalam berbagai perhitungan dalam Microsoft Excel, yaitu Bagaimana cara memperbaiki kesalahan dalam perhitungan Microsoft Excel dengan mudah. Memasukkan perhitungan dalam sebuah worksheet, akan memberikan jawaban berharga untuk pertanyaan tentang data Anda. Walaupun terdapat kemungkinan selalu benar, namun bagaimanapun juga bisa saja terjadi kesalahan dalam formula. Pastinya dalam mengolah data dalam Microsoft Excel anda pernah mengalami berbagai masalah (Error) yang dapat menimbulkan stress pada diri anda, untungnya saya hari ini dapat membantu anda mengatasi Error tersebut. Yuk! mari kita simak pembahasan beserta caranya dibawah ini.

Cara untuk mencegah kesalahan dalam microsoft excel adalah dengan menandai sel-sel yang digunakan dalam perhitungan akan menunjukkan adanya kesalahan yang terjadi. Proses pengujian perhitungan akan menunjukkan adanya kesalahan yang terjadi. Proses pengujian kesalahan sebuah worksheet dalam formula disebut dengan Auditing.

Berikut adalah cara mengatasi error/masalah yang sering terjadi dalam Microsoft Excel


1. ######


Kesalahan/Error yang sering muncul atau terjadi yang pertama adalah ######, yang dimaksud dalam tanda tersebut adalah Rumus yang anda masukan sudah benar, tetapi ukuran kolom/baris kurang lebar.

Solusinya adalah Atur lebar kolom atau tinggi barisnya agar sesuai dengan character/nilai pada kolom tersebut.

2. #NAME?


Kesalahan/Error yang sering muncul atau terjadi yang kedua adalah #NAME?, yang dimaksud dalam tanda tersebut adalah Terjadinya kesalahan dalam penulisan rumus atau rumus yang anda masukkan tidak dikenal.

Solusinya adalah Betulkan nama rumus yang anda masukkan.

3. #N/A


Kesalahan/Error yang sering muncul atau terjadi yang ketiga adalah #N/A, yang dimaksud dalam tanda tersebut adalah Rumus yang anda masukan sudah benar, namun tidak ada nilai yang tersedia.

Solusinya adalah Ganti atau masukkan nilai yang benar.

4. #DIV/0!


Kesalahan/Error yang sering muncul atau terjadi yang keempat adalah #DIV/0!, yang dimaksud dalam tanda tersebut adalah Rumus yang anda masukan sedang mencoba membagi dengan nol.

Solusinya adalah Jika nilai pembagi memang benar-benar 0, maka perlu anda ganti atau diubah nilai pembaginya.

5. #VALUE!


Kesalahan/Error yang sering muncul atau terjadi yang kelima adalah #VALUE!, yang dimaksud dalam tanda tersebut adalah Rumus yang anda masukan berisi data (argument) yang salah.

Solusinya adalah Betulkan tipe datanya.

6. #NULL!


Kesalahan/Error yang sering muncul atau terjadi yang keenam adalah #NULL!, yang dimaksud dalam tanda tersebut adalah 2 nilai yang ditetapkan tidak memiliki kesesuaian.

Solusinya adalah Betulkan salah satu nilai agar terjadi kesesuaian antar keduanya.

7. #NUM!


Kesalahan/Error yang sering muncul atau terjadi yang ketujuh adalah #NUM!, yang dimaksud dalam tanda tersebut adalah Angka/nomor yang anda masukkan tidak sah untuk rumus yang anda pakai.

Solusinya adalah Betulkan nomor tersebut agar sah untuk rumus yang anda pakai atau gunakan.

Sekian artikel yang saya bagikan kepada anda tentang Cara memperbaiki kesalahan dalam perhitungan Microsoft Excel. Jika masih kurang jelas atau ada pertanyaan, silahkan berkomentar dengan kata - kata yang sopan di kolom komentar yang sudah disediakan. Jika artikel ini bermanfaat bagi anda silahkan share/bagikan kepada teman anda yang kekurangan gizi artikel yang bermanfaat :). Jika anda ingin mengetahui artikel terbaru dari blog ini silahkan anda follow saya melalui Google+, Karena nilai (+) selalu bermanfaat kepada orang yang mendapat nilai (-) hehehe.
Load disqus comments

0 comments