Saturday, April 30, 2016

Mengenal Hortatory Exposition Text lebih dekat

Tempat yang tepat untuk belajar Bahasa Inggris - Mengenal Hortatory Exposition Text lebih dekatHallo pemirsa! Pada hari yang baru dan cerah ini, pastinya anda mempunyai semangat yang baru. Dan pada hari ini saya akan membagikan sebuah artikel yang sangat bermanfaat bagi anda yang ingin mendalami pelajaran bahasa inggris, yaitu Mengenal Hortatory Exposition Text lebih dekat. Pada artikel ini saya akan membahas mengenai pengertian dari Hortatory Exposition Text, Kegunaan atau Fungsi menggunakan Hortatory Exposition Text, Bagian-bagian atau struktur dari Hortatory Exposition Text, dan fitur bahasa yang digunakan dalam menggunakan Hortatory Exposition Text. Tertarik bukan? Mari kita simak artikelnya dibawah ini.

Pengertian Hortatory Exposition Text


Hortatory Exposition Text adalah jenis teks bahasa inggris dengan menyajikan argument atau alasan untuk mendukung opini atau pendapat dari penulis agar dapat mempengaruhi atau meyakinkan para pembaca atau pendengar untuk melakukan sesuatu atau bertindak dalam hal tertentu sesuai dengan pemikiran penulis tersebut.

Fungsi Hortatory Exposition Text


Fungsi dari Hortatory Exposition Text adalah untuk meyakinkan atau mempengaruhi para pembaca atau pendengar untuk melakukan sesuatu atau tidak melakukan sesuatu dalam hal tertentu.

Struktur atau Bagian dari Hortatory Exposition Text


Dalam Hortatory Exposition Text terdapat tiga bagian, yaitu :

1. Thesis

Thesis biasanya berisi mengenai pengenalan ide pokok si penulis tentang suatu gejala atau masalah yang akan dibahas oleh si penulis.

2. Arguments

Sesuai namanya, arguments berisi mengenai pendapat atau opini yang mendukung ide pokok si penulis. Biasanya semakin banyak pendapat yang dikeluarkan si penulis, maka akan semakin menarik Hortatory Exposition Text tersebut, hal ini karena pembaca cenderung akan percaya terhadap suatu gejala atau masalah jika dalam text tersebut terdapat banyak pendapat yang mendukung ide pokok tersebut.

3. Recomendations

Recomendation berisi mengenai rekomendasi atau solusi atau ajakan dari suatu gejala atau masalah yang ditulis oleh penulis kepada para pembaca atau pendengar.

Ciri bahasa/Language Features dari Hortatory Exposition Text


Terdapat beberapa ciri bahasa dari Hortatory Exposition Text, yaitu :

1. Emotive Words (Kata Emotif)

Contoh : alarmed, worried

2. Kata yang memenuhi pernyataan

Contoh : usual, probably

3. Kata yang menghubungkan argumen

Contoh : firstly, however, on the other hand, therefore

4. Kalimatnya menggunakan simple present tense

5. Menggunakan modal dan adverb

Contoh : can, may, certainly, get, stop



Sekian artikel yang saya bagikan kepada anda tentang Mengenal Hortatory Exposition Text lebih dekat. Jika masih kurang jelas atau ada pertanyaan, silahkan berkomentar dengan kata - kata yang sopan di kolom komentar yang sudah disediakan. Jika artikel ini bermanfaat bagi anda silahkan share/bagikan kepada teman anda yang kekurangan gizi artikel yang bermanfaat :). Jika anda ingin mengetahui artikel terbaru dari blog ini silahkan anda follow saya melalui Google+, Karena nilai (+) selalu bermanfaat kepada orang yang mendapat nilai (-) hehehe.
Load disqus comments

0 comments