Saturday, April 16, 2016

Pengertian dan Cara Konfigurasi dari Internet Protocol

Tempat yang tepat untuk belajar Ilmu Komputer - Pengertian dan Cara Konfigurasi dari Internet ProtocolHallo pemirsa! Pada hari yang baru dan cerah ini, pastinya anda mempunyai semangat yang baru. Dan pada hari ini saya akan membagikan sebuah artikel yang sangat bermanfaat bagi anda para pengguna Internet, yaitu Pengertian dan Cara Konfigurasi dari Internet Protocol. Apa yang dimaksud dengan Internet Protocol?, Apa yang dimaksud dengan TCP/IP?, Apa fungsi dari Internet Protocol?, Apa fungsi dari TCP/IP?, Mengapa TCP/IP sering digunakan untuk memaksudkan internet protocol? dan Bagaimanakah cara kita mengkonfigurasi TCP/IP kita pada windows 7? Semua pertanyaan itu akan saya jawab dalam artikel yang saya buat dan saya bagikan kepada anda hari ini. Untuk itu mari kita simak artikelnya dengan seksama.

Internet Protocol


Internet Protocol (IP) merupakan protokol komunikasi yang digunakan untuk mengirimkan data digital dari satu komputer ke komputer lainnya melalui internet.

Setiap komputer (dikenal sebagai host) pada internet memiliki paling tidak satu alamat IP yang secara unik dapat mengidentifikasi komputer tersebut dari banyak komputer yang ada di internet. Sewaktu mengirim atau menerima data (seperti email atau halaman web), data tersebut akan dibagi-bagi menjadi potongan-potongan kecil yang disebut paket-paket. Setiap paket akan berisi alamat pengirim dan alamat penerima.

Baca Selengkapnya Mengenai : Mengenal lebih dekat dengan Internet

TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) merupakan protokol jaringan yang paling populer dan merupakan dasar untuk penggunaan internet, karena itu TCP/IP sering digunakan untuk memaksudkan internet protocol. TCP/IP secara otomatis ter-install pada Windows anda. 

Sebagai protokol komunikasi, TCP/IP tersusun atas beberapa lapisan, yaitu:

1. IP : Yang bertanggung jawab untuk memindahkan paket-paket data dari node ke node.

2. TCP/IP : Yang bertanggung jawab untuk memeriksa pengiriman data yang benar dari client ke server. TCP memiliki fasilitas untuk mendeteksi kekeliruan atau data yang hilang dan dengan cepat melakukan pengiriman kembali sampai data diterima dengan benar dan lengkap.

3. Sockets : Bagian ini merupakan nama yang diberikan pada paket yang menyediakan akses ke TCP/IP dari kebanyakan sistem.

Cara mengkonfigurasi TCP/IP


Berikut ini adalah beberapa cara atau langkah yang dapat anda lakukan untuk mengkonfigurasi TCP/IP anda pada sistem operasi Windows 7 :

  • Buka Control Panel
  • Setelah Control Panel terbuka, klik Network and Internet, lalu klik Network and Sharing Center
  • Lalu klik Change adapter settings
  • Setelah itu, Klik kanan pada koneksi yang ingin anda konfigurasi TCP/IP-nya, lalu klik Properties
  • Pada bagian This connection uses the following items:, pilih Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4)
  • Klik tombol Properties untuk membuat pengaturan lebih lanjut. Tombol tersebut akan menampilkan kotak Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) Properties
Kemudian lakukan salah satu dari pengaturan berikut :

1. Untuk mengatur IP secara otomatis, anda bisa klik Obtain an IP Address Automatically

2. Untuk menentukan alamat IP atau alamat DNS server, lakukan langkah berikut ini :
  • Klik Use the Following IP Address, pada bagian IP Address ketikkan alamat IP anda.
  • Klik Use the Following DNS Server Addresses dan di bagian Preferred DNS Server dan Alternate DNS Server, ketikkan alamat primary dan secondary DNS Server.
Untuk melakukan konfigurasi DNS, WINS dan mengatur IP, klik tombol Advanced.



Sekian artikel yang saya bagikan kepada anda tentang Pengertian dan Cara Konfigurasi dari Internet Protocol. Jika masih kurang jelas atau ada pertanyaan, silahkan berkomentar dengan kata - kata yang sopan di kolom komentar yang sudah disediakan. Jika artikel ini bermanfaat bagi anda silahkan share/bagikan kepada teman anda yang kekurangan gizi artikel yang bermanfaat :). Jika anda ingin mengetahui artikel terbaru dari blog ini silahkan anda follow saya melalui Google+, Karena nilai (+) selalu bermanfaat kepada orang yang mendapat nilai (-) hehehe.
Load disqus comments

0 comments